Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kabupaten Bojonegoro-Bakesbangpol Kabupaten Bojonegoro Menghadiri  Kegiatan Pemantauan Orang Asing dan Lembaga Asing

– Kamis 07/09/2023)

Kegiatan pemantauan orang asing dan lembaga asing dilaksanakan pada hari Rabu s/d Kamis tanggal 6 s/d 7 September 2023 di Swiss Belinn Tunjungan Surabaya dihadiri 95 orang undangan terdiri dari Bakesbangpol Kab/Kota se-Jawa Timur, Dinas Tenaga Kerja Kab/Kota se-Jawa Timur, dan anggota Tim POA (Pemantauan Orang Asing) Prov. Jatim. Adapun Narasumber pada kegiatan dimaksud :

1.         Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim

2.         Dit. Intelkam Polda Jatim

3.         Disnakertrans Prov. Jatim

4.         BINDA Jawa Timur

 

 

Acara dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kabid Kewaspadaan pada pukul 16.00 WIB. Secara garis besar,  Terkait dengan pemantauan orang asing di Jatim, Pemerintah telah mengeluarkan regulasi yakni Perda Jatim No. 8 Tahun 2017 tentang Pemantauan Orang Asing dan Pergub No. 72 Tahun 2029 tentang Peraturan Pelaksanaan Perda Jatim No. 8 Tahun 2017 tentang Pemantauan Orang Asing. Hal ini menjelaskan Pentingnya peningkatan sinergitas antara stakeholder melalui koordinasi, kolaborasi dan data sharing dalam rangka peningkatan pemantauan dan pengawasan orang asing , serta Pentingnya pemahaman terhadap regulasi dan kebijakan terkait pemantauan orang asing dalam perspektif intelijen negara, keimigrasian, dan keamanan orang asing bagi pemerintah kabupaten/kota dan aparat terkait.

            Diperlukan kerjasama dan sinergi oleh instansi dan stakeholder terkait yang tergabung dalam Tim Pora wilayah Kab/Kota Se Prov. Jatim guna intensif melaksanakan pemantauan dan pengawasan keberadaan dan aktivitas orang asing, guna mengantisipasi masuknya tenaga kerja asing yang ilegal. Disarankan TimPora di wilayah juga melakukan sidak di tempat-tempat yang tidak terdaftar secara resmi dan terdapat tenaga kerja asing.


By Admin
Dibuat tanggal 25-09-2023
101 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %