Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bojonegoro-Bakesbangpol Kabupaten Bojonegoro mengadakan Kegiatan Seminar Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda - Jumat (18/06/2021)

Kegiatan Seminar dengan tema “Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda” dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 17 Juni 2021 bertempat di Hotel Bonero, Kec. Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Acara ini dihadiri para Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, serta Forkopimka Kalitidu sebagai tamu undangan. Sebagai narasumber, Ibu Bupati Bojonegoro, Ibu Anna Mu’awanah, Bapak Mundzar Fahman ( Akademisi Unugiri Bojonegoro ), serta Mayor Inf Ahmad Jaelani ( Kepala Staf Kodim 0813 Bojonegoro ), dengan M.Fahrul Ihsan (Ketua IPPNU) sebagai moderator. Kegiatan Seminar ini dimulai pada pukul 08.00 WIB, dibuka oleh Ibu Bupati Bojonegoro, Ibu Anna Mu’awanah, sekaligus menyampaikan materi. Beliau menyampaikan bahwa Tidak semua Persepsi Politik identik dengan Partai , namun mencakup semua unsur, antara lain kebijakan, pendidikan. Cikal bakal kemerdekaan juga tidak terlepas dari kebijakan politik, yang mana dari beberapa pulau, Ras, Suku dan Agama melebur jadi satu kesatuan melawan kepenjajahan Belanda. “Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan sumber daya alam serta menjadi Negara ke 4 dunia yang mempunyai sumber daya Manusia terbesar, menjadi Daya tarik tersendiri bagi Bangsa lain serta menjadi kebanggaan yang luar biasa bagi kita yang patut kita syukuri. Pembelajaran politik sangat penting bagi kita, dalam rangka membangun kebebasan berpendapat dan bersuara dalam rangka membangun bangsa dan Negara” Ujar beliau.

 

Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Mahmudi, selaku kepala Bakesbangpol Kabupaten Bojonegoro. Beliau menyampaikan bahwa kekuatan terbesar yang dimiliki Dunia adalah Pemuda, sebagai modal tolak ukur kekuatan suatu negara. Pemuda harus dapat mewujudkan cita - cita dan tujuan nasional, pemuda harus aktif dalam perubahan yang positif untuk mendorong, memotivasi agar menjadi yang lebih baik. Dilanjutkan dengan penyampaian oleh Mayor Inf Ahmad Jaelani, yang intinya Bela Negara adalah sikap atau Perilaku warga negara yang dijiwai kecintaanya pada Bangsa dan Negara, serta Wawasan Kebangsaan adalah Cara pandang yang dilingkupi oleh Rasa Kebangsaan, Paham kebangsaan dan Semangat Kebangsaan dalam upaya mewujudkan cita- cita Nasional.

Kemudian materi berikutnya disampaikan oleh Bapak Mundzar Fahman, yang menyampaikan materi tentang Karakter Kebangsaan. Beliau menjelaskan bahwa Karakter bangsa yaitu Kualitas Perilaku Kolektif kebangsaan yang khas, baik yang tercermin dalam kesadaran, Pemahaman, Rasa,Karsa, dan Perilaku kebangsaan dan bernegara. Penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk memancing antusiasme dari para peserta seminar tersebut. Hal itu dapat dikatakan berhasil memancing para mahasiswa untuk melakukan diskusi aktif dengan para narasumber. Setelah sesi diskusi selesai,  kegiatan seminar ditutup dan berakhir pada pukul 13.00 WIB dengan acara makan siang serta bincang – bincang antar peserta.  


By Admin
Dibuat tanggal 06-09-2021
473 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
100 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
0 %